Piksel
Piksel adalah unsur gambar atau
representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per
inci.
Piksel sendiri berasal dari akronim
bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung
tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil
cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna
lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci
persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150
juta bit informasi.
Monitor atau layar datar yang sering
kita temui terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan
kolom-kolom. Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita
ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah
1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432
piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam
gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.
Megapixel
Megapixel (Megapiksel) terdiri berasal
dari gabungan kata "mega" yang menunjukkan satuan juta, dan pixel
yang bermaksud titik elemen gambar (English = Picture Element). Jadi singkatnya
megapixel berarti sejuta titik elemen gambar.
Suatu gambar digital dibentuk oleh
ribuan titik tersebut. Makin tinggi jumlahnya, maka makin tinggi juga resolusi
gambarnya. Jumlah megapiksel ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kualitas
gambar.
Resolusi
gambar
Resolusi gambar mendeskripsikan tentang
banyaknya detail gambar yang tersimpan. Resolusi gambar bisa juga digunakan
untuk mendefinisikan tentang gambar digital, video, maupun yang lainnya.
Resolusi gambar dapat diukur dengan
berbagai macam cara. Pada dasarnya, resolusi mengukur seberapa dekatnya suatu
garis dapat dibedakan dengan yang lainnya.
Resolusi dapat dinyatakan dalam berbagai
macam ukuran, seperti baris per milimeter dan garis per tinggi gambar, atau
yang lebih dikenal hanya dengan garis.
Resolusi
dari gambar digital
Resolusi sering digunakan sebagai jumlah
pixel dalam pencitraan gambar digital, walaupun standard Amerika, Jepang, serta
internasional jelas melarang penggunaan hal ini, setidaknya untuk bidang kamera
digital. Sebuah gambar dengan tinggi sejumlah N pixel dan lebar M pixel, dapat
memiliki resolusi garis yang kurang dari itu. Namun, jika jumlah pixel
digunakan sebagai pengukur resolusi, metode yang digunakan adalah mengambil dua
buah bilangan bulat yang menunjukkan berapa pixel tinggi gambar tersebut dan
berapa pixel lebarnya, kemudian mengalikan angka ini, dan membaginya dengan
satu juta untuk mendapatkan angka megapixel.
http://id.wikipedia.org/wiki/Piksel
Grafik
2D dan 3D
- Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
- Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek realistis pada video maupun game.
2D
dan 3D pada komputer grafik
Grafik komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi
gambar digital berbasis komputer, yang banyak mengambil objek-objek dua dimensi
(2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut
sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika,
dan sebagainya. Model yang menggunakan
2D tidak mendukung fenomena 3 dimensi. akan tetapi dapat membuat layer yang
ditumpuk dalam urutan tertentu berdasarkan kedalaman/jarak tertentu. Mereka
juga digunakan pada beberapa video dan games sederhana seperti solitaire, chess,
atau mahjong.
Grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari
grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang
menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D
apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan
gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase,
yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan
animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D
rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
KESIMPULAN
Jadi 2D merupakan gabungan titik antara
titik sumbu (x) dan titik sumbu (y) yang disambung dengan garis baik itu jenis
garis Line, Circle, maupun Polygon. Sedangkan pada 3D merupakan gabungan dari
tiga titik sudut yaitu sumbu (x), (y), dan (z) yang juga disambungkan dengan
garis, atau dapat juga digambarkan dengan sebuah bidang yang terbuat dari dua
titik sudut bisa dibilang bidang 2D yang diberi pencahayaan dari sisi tertentu
sehingga terdapat bayangan, dan bayangan tersebut adalah sumbu (z) yang
dimaksud. Saat ini yang sangant dikembangkan adalah grafis 3D karena grafis
yang dihasilkan sangat bagus untuk memenuhi pasaran multimedia seperti
pembuatan film, animasi, dll.
http://jempoluburubur.blogspot.com/2011/10/pemodelan-grafik-2d-dan-3d.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar